Sabtu, 19 Mei 2012

General Affair

JAN29

Apabila anda memiliki minat untuk menjadi seorang GA Professional , hal ini harus diperhatikan dan dipelajari sekaligus dikembangkan:


Tugas GA adalah Sebagai supporting unit, General Affair (GA) memiliki peran yang tidak kalah penting dibanding departemen lain untuk kesuksesan perusahaan. Tanpa GA yang cakap, perusahaan tidak bisa berjalan dengan sempurna atau menghasilkan performance yang optimal.


Ciri dari tugas-tugas GA adalah banyaknya varian tugas yang masing-masing memerlukan pengetahuan dan keterampilan tersendiri seperti, electricity, perizinan, keamanan, building maintenance, kendaraan, insurance, dampak limbah dll. Konsekuensi dari beragamnya tugas ini adalah kompleksitas keahlian teknis yang diperlukan pelaku GA. Sementara, seorang pelaku GA yang berangkat dari satu latar belakang pendidikan tertentu, tidak mungkin memiliki seluruh keahlian teknis yang diperlukan GA.
 
Tampaknya, permasalahan di atas dapat diatasi dengan merekrut karyawan yang sesuai bidang keahliannya. Namun demikian, isu persoalan GA tidak berhenti di kompleksitas keahlian teknis. Ketika beragam tugas GA harus saling berinteraksi dan berkoordinasi baik secara internal maupun secara eksternal dengan pihak departemen lain ataupun pihak di luar perusahaan, maka kemampuan dalam me-manage beragam tugas tersebut menjadi tantangan tersendiri yang wajib diatasi GA. 

Oleh karena itu penting bagi pelaku GA –terutama yang men-supervisi tugas-tugas GA-, selain menguasai keahlian teknis, juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam me-manage pekerjaan. Dan terkait dengan aktivitas GA dalam komunikasi eksternal, penting bagi pelaku GA untuk menguasai dasar-dasar keterampilan komunikasi khususnya dalam hal negosiasi ketika menyelesaikan masalah-masalah dengan pihak luar.

Aspek & Ruang Lingkup pekerjaan di General Affair :
  • Building Management /Penanganan Perawatan Bangunan Gedung
  • Inventory bekerja bersama – sama dengan Accounting 
  • Pelaksanaan keamanan dan ketertiban
  • Pengurusan kendaraan perusahaan dan fasilitas pool
  • Pengurusan Dokumen – dokumen perusahaan
  • Cleaning Service dan penanganan limbah
  • Recepsionist dan operator telepon
  • Alat Tulis Kantor
  • Insurance Management
  • Komunikasi Internal dengan departemen di lingkungan perusahaan dan direksi
  • Komunikasi Eksternal dengan lingkungan sekitar tempat usaha
  • Pengurusan Tenaga Kerja Asing (apabila ada)
  • Kantin (apabila ada)
 cc.

0 komentar:

Posting Komentar